image

Waktu berputar begitu cepat. Berlalu meninggalkan kita dengan berbagai macam problema, kekalutan, gelisah, bahagia, galau dan masih banyak lagi tentunya. Jangan katakan zaman semakin tua, tapi kita lah yang semakin renta. Setiap detik, menit dan jam terasa begitu berharga untuk kita lewati begitu saja. Semua berpacu dengan waktu untuk mencapai apa yang di impikan. Entah itu pekerjaan, ilmu pengetahuan, ataupun rutinitas lainnya. Ada yang berlari kencang, ada yang sedang-sedang saja, dan tak sedikit pula yang hanya berlari kecil karena berfikir bahwa semua itu sudah ada Sang Maha Kuasa yang mengaturnya. Ah apa pun itu, biarlah semua orang berjalan dengan cara berfikirnya masing-masing.

Tapi tahukah kita, bahwa dalam waktu-waktu yang berharga itu, kita tidak hanya bisa melakukan rutinitas-rutinitas kita yang seperti biasanya. Di sela-sela waktu yang berharga itu, kita bisa mengerjakan sedikit amalan yang berhadiah pahala besar, dan hanya membutuhkan waktu satu menit. Tidak lama bukan? Dengan melakukan amalan ini, kita tidak akan membuang banyak waktu, tanpa mengeluarkan banyak tenaga, tidak membebani apapun, dan tidak melelahkan. Bisa dikerjakan sambil duduk, berdiri, berjalan maupun saat berada dalam kendaraan.

Dari sebuah buku yang saya baca, berjudul Lâ Tahzan For Trouble Solutions karya Mahmud Al-Mishri Abu ‘Amar, ada banyak amalan yang bisa kita kerjakan hanya dalam waktu satu menit dengan imbalan pahala yang besar, yaitu :

  • Dalam satu menit, kita bisa membaca surat Al-Fatihah sebanyak 5 kali, sehingga kita mendapatkan lebih dari 7000 kebaikan.
  • Dalam satu menit, kita bisa membaca surat Al-Ikhlas sebganyak 15 kali. Hal ini sepadan dengan membaca Al-Qur’an  sebanyak 5 kali.
  • Dalam satu menit, kita bisa mengucapkan la ilaha illallah wahdahu la syarika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir sebanyak 20 kali. Pahalanya sepadan dengan memerdekakan 8 orang budak di jalan Allah dari anak cucu Ismail.
  • Dalam satu menit, kita bisa mengucapkan subhanallahi wa bihamdihi sebanyak 100 kali, maka dosanya akan diampuni walaupun seperti buih di lautan.
  • Dalam satu menit, kita bisa mengucapkan la haula wa la quwwata illa billah lebih dari 40 kali. Ini adalah salah satu gudang hartanya surga.
  • Dalam satu menit, kita bisa mengucapkan subhanallahi wa bihamdihi, ‘adada khalqihi wa rihda nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi lebih dari 10 kali. Kalimat ini sepadan dengan berkali lipat pahala tasbih dan dzikir.
  • Dalam satu menit, kita bisa beristighfar kepada Allah lebih dari 100 kali. Istighfar adalah sebab ampunan, masuk surga, menolak bencana dan memudahkan urusan.
  • Dalam satu menit, kita bisa bershalawat kepada nabi SAW sebanyak 20 kali, sehingga Allah akan bershalawat kepada kita sebagai balasannya sebanyak 200 kali.
  • Dalam satu menit, kita bisa mengucapkan subhanallahi wa bihamdihi, subhanallahil ‘azim sebanyak 50 kali. Dua kalimat ini ringan di lidah, namun berat di mizan dan di cintai oleh Ar-Rahman.
  • Dalam satu menit, kita bisa mengucapkan subhanallah walhamdulillah wa la ilaha illallah wallahu akbar sebanyak 25 kali. Ini adalah ucapan yang di cintai Allah.

Itu lah sedikit yang bisa saya bagi, insyaallah kita akan bisa sama-sama mengamalkannya. Selain dalam semenit kita bisa menulis, mengarang, menghafal, mengembangkan bakat dan memperdalam pengetahuan, dalam semenit kita juga bisa membuat Allah menjadi Ridha, menghapus dosa, menuliskan pahala, serta menjadikan itu sebagai simpanan di sisi-Nya. Amin ya Rabbal ‘alamin🙂