image

Setiap orang itu di lahirkan berbeda-beda, memiliki kelebihan, potensi dan bakat masing-masing, serta corak dan warna tersendiri. Itu lah manusia, dengan berbagai tabiat dan wataknya yang tak selalu sama antara yang satu dengan yang lainnya. Jadi jangan bersedih jika kamu berbeda dengan orang lain. Kamu merupakan sesuatu yang beda dari yang lain, dan tak akan ada yang menyerupaimu dalam catatan kehidupan ini, dan tidak akan pernah ada orang yang menyerupaimu di kemudian hari.

Saat kamu merasa dirimu berbeda, baik dari ciri fisik, watak dan potensi, maka syukuri lah. Manfaatkan apa yang kamu miliki. Jangan mencoba meniru ciri kepribadian orang lain. Karena itu akan menjadi petaka yang tak mudah reda bagimu. Orang-orang yang lupa dengan dirinya sendiri, suaranya, gerakan tubuhnya, ucapannya, kemampuannya, dan kondisinya, itu sama dengan membunuh paksa bentuk dan wujud dirinya sendiri.

Jadilah diri sendiri. Gali potensi yang kamu miliki, lalu coba dan lihat hasilnya. Perkuat keyakinanmu bahwa kamu memang berbeda dan itu lebih baik dari orang lain. Karena tidak ada orang yang paling menderita melebihi orang yang tumbuh tidak menjadi dirinya sendiri, tumbuh menjadi jasadnya sendiri, dan tidak menjadi pikirannya sendiri. Ingatlah, jika kamu seperti pisang, kamu tidak perlu menjadi jambu, sebab harga dan keindahanmu akan tampak jika kamu menjadi pisang.