Musim penghujan sudah tiba. Dan cuaca seperti ini selalu tak mengenakkan buatku. Itu dikarenakan aku mengidap alergi akut yang selalu kambuh di cuaca yang dingin. Seperti malam biasanya, waktu malamku selalu ku habiskan dengan membaca buku sambil sesekali melirik ke acara PAS MANTAPnya Trans7 tadi malam. Udara dingin membuat nyeri kepala, lalu flu pun kambuh. Tapi kali ini tak seperti biasanya, flu kali ini terasa lebih sakit. Saat cairan hidung mulai keluar, buru-buru langsung diseka pakai tisue. Tapi cairan yang keluar bukan bening seperti biasanya, melainkan merah dan kental. Ahh ternyata aku mimisan. Secepat kilat melakukan pertolongan pertama, duduk tegak sambil hidung dipencet, setelah lima menit akhirnya darah berhenti juga.

Mimisan kadang memang terjadi di cuaca seperti ini. Udara dingin menyebabkan flu, serta pembuluh darah melebar dan tipis. Dan ketika kita menyeka hidung, bila tak berhati-hati, akan menyebabkan pembuluh darah pecah. Infeksi yang disebabkan sinusitis juga bisa memicu terjadinya mimisan. Pada kasus demam berdarah juga bisa menyebabkan mimisan. Jangan sepelekan mimisan, karena mimisan kronis, yaitu terlalu banyaknya darah yang keluar, bisa mengakibatkan anemia.

Lalu bagaimana cara mengatasi mimisan? Jangan buru-buru panik. Duduklah pada posisi yang tegak, agar hidung lebih tinggi daripada jantung. Jangan tidur telentang, sebab aliran darah ke hidung bisa bertambah deras dan darah dapat tertelan kembali. Bungkukkan badan sedikit kedepan. Tekan cuping hidung kurang lebih selama lima menit, dan pada saat itu bernafaslah dari mulut. Lalu kompres dengan air dingin untuk memperlambat aliran darah ke hidung.

Mimisan kadang memang terlihat sepele, tapi tetap harus diwaspadai. Selain dikarenakan sebab-sebab di atas, mimisan yang terus menerus dan berulang bisa dikarenakan adanya tumor di hidung. Untuk mengetahui lebih lanjut segera berkonsultasilah ke dokter. Jangan sampai terlambat, karena berbahaya bagi kesehatanmu.