image

“..apabila engkau senang dengan apa yang dikatakan oleh pendengki diantara kita, maka sebuah musibah tidak akan ada artinya bila engkau merelakannya..”

Sabar adalah suatu kerelaan terhadap apa yang Allah SWT ridhakan kepada kita. Sabar juga berarti senantiasa tersenyum dan senang dengan apa yang di tentukan dan di takdirkan oleh Sang Maha Pencipta.

Sabar merupakan benteng diri untuk kita melalui hidup ini. Sebab yang namanya hidup itu pasti ada prahara dan ada banyak masalah. Siapapun manusia, dimanapun mereka bertempat tinggal dan status sosial apa saja yang di sandang, pasti suatu saat akan di hadapkan pada masalah. Dan untuk menghadapi masalah itu, manusia tidak bisa mengatasinya dengan lari jauh dari masalah, tetapi harus menghadapi masalah itu dengan sikap sabar dan tegar.

Ujian atau musibah dalam kehidupan ini merupakan sesuatu yang sudah pasti. Dan musibah tersebut di berikan kepada manusia dengan beberapa tujuan, di antaranya adalah untuk meninggikan derajatnya, mendidik hati, membuktikan ketaatan dan memberikan pahala.

Maka bersabarlah ketika jalan yang kau lalui penuh lubang dan berliku. Bersabarlah ketika apa yang kau dapatkan tak sesuai dengan apa yang kau harapkan. Karena Allah SWT yang maha tau apa yang terbaik untukmu. Dan tetap bersabarlah ketika kau temui orang-orang yang tak menyukaimu. Caci maki, hinaan, bahkan fitnah keji, hanya lah sebuah ujian dalam hidupmu, maka tetap lah sabar dan ikhlas. Karena sesungguhnya, kemenangan akan selalu menyertai orang-orang yang sabar.