image

Saat berpuasa, sudah menjadi kebiasaan kita mengawali berbuka dengan yang manis. Karena Rasulullah menganjurkan seperti itu. Tapi kita telah salah kaprah dalam memahami anjuran tersebut. Di banyak keluarga, berbuka puasa dengan menyiapkan hidangan yang serba manis terus menjadi tradisi. Tak cukup dengan hidangan kolak pisang, hidangan masih di tambah lagi dengan minuman es buah segar yang di tambah dengan sirup.

Secara kesehatan terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis saat berpuasa, justru buruk untuk tubuh. Kadar gula yang semula rendah akan melonjak tiba-tiba. Tubuh bisa lemas dan mengantuk. Dalam jangka panjang, peningkatan kadar gula dalam darah dapat menyebabkan penyakit gula seperti diabetes. Yang paling baik untuk tubuh adalah, saat berbuka makanlah secukupnya. Awali dengan air putih dan hidangan yang tidak terlalu manis. Kita bisa menggantinya dengan buah-buahan atau makanan yang manis alami. Misalnya air kelapa plus kelapa mudanya, beri irisan buah dan tak perlu di beri sirup karena sudah manis. Atau bisa juga jus buah yang di taruh potongan buah di dalamnya.

Rasulullah sendiri biasa berbuka dengan kurma dan air putih yang di minum seteguk demi seteguk. Bedanya Rasulullah berbuka dengan kurma segar atau kering. Sementara kurma yang lazim di jual di Indonesia adalah manisan kurma atau kurma yang telah di bubuhi gula.
Mau sehat..??? Tinggal terserah Anda…