Kebiasaan mengkonsumsi vitamin memang berdampak baik bagi tubuh. Tapi tetap, yang paling sehat dan sempurna zat-zatnya itu berasal dari makanan yang kita konsumsi.

Buah

Vitamin merupakan sahabat tubuh yang baik karena fungsinya yang beragam. Sekalipun hanya dalam jumlah sedikit, tetapi vitamin bersama mineral masing-masing memiliki fungsi khusus dan termasuk dalam gizi utama yang dibutuhkan tubuh. Nah, bagaimana cara mendapatkan vitamin itu?

Vitamin ini tidak bisa dihasilkan oleh tubuh dan harus dipenuhi dari luar tubuh atau melalui makanan. Memang sekarang banyak dijual makanan tambahan dan vitamin. Ada yang berbentuk cair, tablet, atau kapsul. Bentuk vitamin yang seperti ini terlihat lebih mudah dan praktis. Rasanya pun lebih enak. Meskipun begitu, akan lebih baik jika kita mendapat vitamin alami, yaitu dari buah-buahan dan sayur.

Kalau kita mengonsumsi suplemen vitamin, isinya hanya vitamin saja. Lebih baik mengasup buah atau sayur karena di dalamnya juga terkandung vitamin dan mineral, serat, cairan, serta zat lain yang penting.

Sayur buah

Jika kita sering minum vitamin yang berasal dari suplemen, tubuh bisa kelebihan vitamin. Soalnya, bisa jadi tubuh kita sebenarnya hanya kekurangan vitamin tertentu. Jika kita mengonsumsi suplemen lengkap, kita juga akan mendapatkan vitamin yang mungkin tidak dibutuhkan tubuh.

Vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin B dan C, juga tidak bisa disimpan dalam jumlah banyak di tubuh. Kelebihan vitamin ini akan dikeluarkan lewat urin. Dengan begitu, akan sia-sia jika kita mengonsumsi vitamin larut air dalam dosis tinggi.
Nah, jika kita mau tubuh sehat dan kuat, perbanyaklah makan sayur dan buah.