Selama ini banyak orang mengetahui kalau kalsium hanya untuk tulang. Tapi ternyata tidak begitu.

Kalsium bermanfaat besar untuk menjaga kesehatan, antara lain mendukung kerja hormon, saraf, enzim, dan darah dalam tubuh kita. Kalsium juga berperan dalam membantu berat badan ideal. Penelitian menunjukkan jika kebutuhan kalsium tercukupi, maka kita cenderung tak punya masalah dengan berat badan. Kalsium dalam tubuh bisa memperlambat proses penimbunan lemak.

Jadi, bila kita cukup kalsium, kita bisa terhindar dari kegemukan. Saat tubuh terluka, kalsium pun berperan untuk mempercepat penyembuhan. Kalsium akan membantu proses pembekuan darah sehingga luka segera tertutup.

Jumlah kebutuhan kalsium dalam tubuh kita dibedakan berdasarkan usia. Untuk anak-anak dan remaja, rata-rata membutuhkan kalsium antara 500 sampai 800 miligram per hari. Untuk orang dewasa, berkisar antara 800 sampai 1000 miligram per hari.
Bila tubuh kekurangan kalsium, maka akan timbul beberapa gejala seperti, lemah, lesu, berkeringat, kram otot, nyeri perut, dan gangguan tidur. Selain itu, bisa terjadi pengeroposan tulang (osteoporosis) dan bila dibiarkan akan rawan patah tulang serta pada masa tua tubuh kita bisa bongkok.

Sumber zat kalsium bisa diperoleh dari berbagai makanan. Selain dari susu dan produk olahannya (es krim, yoghurt, dan keju), kalsium dapat kita peroleh dari sayuran hijau, seperti sawi, bayam, brokoli, daun singkong, serta daun pepaya.
Selain itu, juga dari biji-bijian (kenari, wijen, dan almond), serta kacang-kacangan (kedelai, kacang merah, dan kacang polong) dan produk olahannya seperti tempe dan tahu.

Dikirim dari Yahoo! Mail pada Android