Air terjun paling tinggi di dunia adalah air terjun Santo Angel, terletak di negara Venezuela Amerika. Di temukan oleh seorang pilot Amerika Serikat, James Angel yang pesawatnya jatuh tidak jauh dari situ pada tanggal 9 Oktober 1937.

Benua atau hamparan daratan paling besar dan terluas di dunia adalah Benua Asia.

Danau paling besar di dunia adalah Kaspikove More atau Laut Kaspia, terletak di kedua bagian negara Uni Sovyet dan Iran.

Delta paling besar di dunia terdapat di Bangladesh dan Benggala Barat, India. Delta ini terbentuk oleh aliran Sungai Gangga dan Brahmaputra.

Gua atau lubang dalam tanah yang terpanjang di dunia terdapat di Kentucky, Amerika Serikat. Merupakan gabungan antara Gua Mammoth dan Gua Flint Ridge.

Gunung paling tinggi di dunia adalah Gunung Everest, terletak di kawasan pegunungan Himalaya, Asia. Tinggi gunung ini di ukur sampai ke puncaknya mencapai 8.848 meter dan nama itu sendiri diambil dari nama penakluknya, Sir George Everest C.B pada tahun 1970-1866.

Gurun pasir paling luas adalah Gurun Sahara, terletak di Afrika Utara.

Bumi kita memiliki 850 buah gunung api aktif dan 75% diantaranya berada pada gugusan “Lingkaran Api” dari Pantai Barat Amerika dan Chili ke Alaska serta membentang ke Pantai Timur Asia dan Siberia ke Selandia Baru.

Bentangan pegunungan yang paling besar di dunia terdapat pada gugusan Pegunungan Himalaya-Karakoam. Di kawasan ini terdapat sebagian besar dari puncak gunung di dunia yang ketinggiannya di atas 7.000 meter.

Pulau terbesar di dunia adalah Greenland, suatu pulau yang terletak jauh ke arah Kutub Utara dan menjadi bagian wilayah kerajaan Denmark.

Jurang paling besar di dunia terdapat di negara bagian Arizona, Amerika Serikat, yaitu Jurang Grand Canyon.

Batu karang yang sangat besar adalah Gunung Agustus, ditemukan tahun 1858 di sebelah Timur Carnarvon, Australia Barat.

Laut paling luas di seluruh dunia adalah Laut China Selatan, di apit oleh gugusan kepulauan Philipina (Timur), Vietnam (Barat), Serawak (Selatan), dan China (Utara).

Samudra paling luas di dunia adalah Samudra Pasifik, terletak diantara ketiga benua Amerika dan Asia/Australia.

Selat paling panjang di dunia adalah Selat Tartar, terletak di antara Pulau Sakhalin dan daratan Uni Sovyet, dan selat yang paling lebar adalah Selat Davis di sebelah barat Greenland.

Teluk paling besar di dunia adalah teluk Mexico di Amerika.