image

jangan maen kembang api sembarangan

     Perayaan tahun baru identik dengan kembang api. Bukan hanya itu, event-event besar lainnya seperti FIFA World Cup, Olimpiade dll juga ada kembang apinya. Biasanya acara kembang api di laksanakan pada pembukaan dan penutupan acara. Baru-baru ini di negara kita tercinta Indonesia juga ada event besar yang di sertai pesta kembang api. Pasti pada tau kan…?? Yup…Sea Games 26th di Palembang dan Jakarta. Kabarnya acara kembang api di Palembang adalah acara kembang api termegah di sepanjang pesta penyelenggaraan Sea Games.

       Kembang api pertama kali di buat oleh seorang koki di china berabad-abad lalu. Waktu itu sang koki salah mencampur bumbu. Ia mencampur kalium nitrat, belerang dan arang kayu ke dalam bumbu. Saat di bakar, campuran kayu itu meledak dan menghasilkan percik-percik api.

       Namun percik-percik api itu malah terlihat indah. Sehingga kemudian dengan sengaja bahan campuran itu di buat lagi. Tapi tidak di nyalakan di dapur lagi. Dan hasilnya?? Jadilah kembang api.

Hati-hati…jangan maen kembang api sembarangan…!!! Bisa-bisa bukan hanya kembang api yang meledak, bahkan rumah beserta isinya juga bisa ikut meledak. 😉😉